Minggu, 30 Juni 2019

SMA TERBUKA 5 DEPOK "Rahasia Sukses Sunan Gresik"



Maula Malik Ibrahim, Maulana Magribi atau Sunan Gresik adalah wali pertama diantara Wali Songo di mana wali-wali lain adalah anak, cucu, keponakan dan murid-muridnya. Ia merupakan penyebar agama Islam yang paling utama di tanah Jawa. Di zaman mereka, agama Hindu tengah jaya-jayanya bahkan menjadi agama resmi di berbagai kerajaan besar.
     Daerah pertama yang ditujunya adalah desa Sembalo, yang sekarang dikenal sebagai desa Laren, Kecamatan Manyar, 9 KM kea rah utara Kota Gresik, Jawa Timur pada tahun 1404. Kemudian mendirikan masjid pertama di desa Pasucinan, Kecamatan Manyar. Selain lihai berdagang, Ia juga piawai dalam hal irigasi (ilmu persawahan) bukan cuma itu, Ia pun mahir membawa diri dan beradaptasi (Luwes).
     Sunan Gresik tidak pernah menentang secara tajam kepercayaan setempat. Ia hanya memperlihatkan keindahan-keindahan yang dijanjikan Islam. Ia membuka diri dengan Bahasa dan adat istiadat Jawa, Ia tidak pilih-pilih dalam pergaulan terhadap kasta sudra sekalipun, Ia membuat saluran irigasi pertama yang sangat berarti bagi masyarakat, juga membuka warung makanan murah dan mengobati masyarakat tanpa biaya.
     Keluwesan adalah salah satu kemampuan otak kanan, yang namanya silaturahim atau berhubungan dengan pihak lain, pastilah keluwesan yang menjadi modal utamanya baik dalam hal bisnis, politik, parenting dll. Menjadi luwes mungkin sulit, namun tanpa keluwesan, hidup akan lebih sulit. Contohnya Komodo adalah hewan purba yang kecil dan tidak terlalu kuat. Namun Ia masih eksis salah satunya karena mampu beradaptasi dengan luwes.



Ippho Santosa. 2012. Hanya 2 Menit Anda Bisa Tahu Potensi Rezeki Anda. Jakarta. PT Elex Media Komputindo

0 comments:

Posting Komentar