Minggu, 30 Agustus 2020

GURU, ALUMNI DAN SISWA SMATER CINANGKA IKUTI PELATIHAN BUDIDAYA IKAN LELE







      Jumat 28 Agutus 2020 Guru, Alumni dan Siswa SMA Terbuka Cinangka mengikuti pelatihan budidaya ikan lele yang diadakan Penyuluh Swadaya yang juga sebagai guru Pamong yang berkompeten di bidang Perikanan dan Pertanian Bapak Alih . Pelatihan ini diawali dengan mengamati kolam yang akan menjadi media untuk pembenihan, dilanjutkan dengan mengenali dan memilih indukan jantan dan betina . Dalam pelatihan ini juga belajar mengambil kelenjar hipofisa dari donor ikan emas dan lele, selain donor tersebut dapat juga digunakan Ovaprim sebagai perangsang untuk pemijahan.

        Pada saat pemijahan dilakukan penyuntikan hipofisa yang berasal dari ikan emas, lele dan ovaprim untuk 3 pasang indukan.  Setelah 6 jam baru 3 pasang indukan diletakan dikolam yang sudah dipersiapkan. 

        Hadir dalam pelatihan ini Guru dan Siswa dari TKB Madani, juga hadir Penyuluh Perikanan Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Bapak Diki Nugraha, A.Md, Bapak Budianto, S.St.Pi, Ibu Moon Rahmatyah Nihe, S.Pi dan Ibu Iis Setiany Minarty, S. Pi. Ibu Moon Rahmatyah mewakil Penyuluh Perikanan menyapaikan peluang dan peningkatan hasil panen ikan lele yang ada di Kota Depok. Semoga dengan pelatihan ini SMA Terbuka Depok khusus nya TKB Cinangka bisa menghadirkan program skill dibidang perikanan untuk para siswa, dan semoga akan lahir petani ikan yang bisa mandiri dan bermanfaat. 

0 comments:

Posting Komentar