Kamis, 28 November 2019

SHARING ILMU "KOPI DAN TAUBAT 'KEMBALI' BERSAMA SMA TERBUKA CINANGKA, ALIANSI KEDAI KOPI DEPOK, DAN MOTIVATOR TAUBAT BANG TATO"









Kamis, 28 november 2019 bertempat di gedung SMA Terbuka (SMAN 5 DEPOK) TKB Cinangka melakukan kegiatan praktek bersama membuat kopi asli dari biji kopi langsung, juga ada motivasi dari seorang motivator hijrah yang memiliki banyak pengalamanan pahit di masa hidupnya.

Diawali dari seminar komunitas Aliansi Kedai Kopi Depok yang memperkenalkan asal usul kopi, mulai dari nama coffe, jenis-jenis kopi, cara pembuatan, dan lain sebagainya. Juga para siswa dan siswi SMA Terbuka (SMAN 5 DEPOK) TKB Cinangka di ajak untuk praktek langsung membuat kopi, dimulai dari tingkat kehalusan atau kekasaran kopi yang di giling, sampai suhu air dan tekhnik yang benar dalam menyeduh kopi. Karna setiap perbedaanya akan merubah rasa dari kopi yang dibuat.

Setelah selesai dengan seminar dari Aliansi Kedai Kopi Depok, langsung ke sesi kedua yaitu Motivasi Hijrah. Motivator kali ini di panggil Bang Tato (Lalan Maulana), seorang yang memiliki masa lalu cukup buruk. Hingga pada suatu malam, ia bermimpi sesuatu yang mengerikan yang akan terjadi jika ia masih seperti itu. Ketika bangun dari mimpinya, Bang Tato menangis sejadi-jadinya, menyesali segala perbuatannya dahulu. Ia ingin bertaubat, namun warga sekitar tempat tinggalnya menolak dirinya masuk ke masjid yang ingin ia datangi. Bang Tato tetap mencari masjid yang bisa ia datangi untuk solat. Hingga ada sebuah masjid yang memperbolehkannya solat dan bertaubat. Kini bang Tato menjadi motivator untuk generasi muda agar tidak salah terjerumus dalam pergaulan yang tidak benar. Bang tato juga mengangkat orang-orang yang bernasib sama sepertinya, jatuh dalam lubang kegelapan.

"setiap hal pasti memiliki cerita, sama seperti saya disini juga pasti memiliki cerita. Karna hidup selalu ada cerita seperti kisah cinta remaja, pasti setiap orang akan memilikinya." -Bang Tato

Merubah fisik itu memang mudah, tapi hati yang menentukan segalanya. Secantik apapun menyembunyikan bangkai, akhirnya tercium juga. Baik jadi diri sendiri daripada berubah jadi orang lain, karna itu tidak mungkin. Setiap manusia.


written by: Siti Aisyah (DIVISI HUMAS OSIS SMA TERBUKA (SMAN 5 DEPOK) TKB CINANGKA)

0 comments:

Posting Komentar