Minggu, 13 Oktober 2019

Smater Development System "Desain Organisasi"

Smater Development System

Oleh : Dede Darmawan

Bismillah, mari kita ikut dalam sesi pendampingan sistem kali ini. 
Apakah kita pernah mendengar kata-kata "desain organisasi"? Coba ingat-ingat dan jawab dalam benak kita sahabat. Coba kita bayangkan "desain rumah" milik kita. Seberapa tau dan paham kah kita terhadap rumah yang kita miliki? Ini pertanyaan yang seolah menguji kita namun kita juga baru tersadar ooh... Penting kah kita tau desai rumah kita? Bagi orang arsitektur dan desain ini hal mendasar. Namun bagi orang awam cukup nampak indah di mata maka seketika desain yang dilihat akan ia nilai "bagus ya rumah nya" meski ia tidak pernah tau fungsi atas desain rumah tersebut.

Nah... Saatnya kita bisa kaji apa yang dimaksudkan "desain organisasi" sama kah dengan desain rumah? Analogi organisasi adalah umpama rumah yang menjadi media pelindung dari hujan, panas, dan sebagai wasilah hadir nya "sakinah" dalam jiwa setiap keluarga, sebagaimana sabda Rosulullah "baiti zannati" rumah mu surga mu. 
Jika ada sekelompok orang sebagai sumber daya manusia yang masuk dalam sebuah "rumah" yang bernama organisasi dengan bentuk dan flatform yang beragam misal perusahaan, sekolah, komunitas, forum diskusi, ormas, partai, dan lain sebagainya maka hal yang paling mendasar untuk dibahas apakah struktur, ruang-ruang, dan fungsi bangunan dalam rumah/organisasi tersebut mampu mendayagunakan sumberdaya yang ada?

Hal ini yang sebenarnya menjadi pijakan atas hadirnya sebuah organisasi. Apakah desain organisasi sudah melakukan tinjauan; aspek ontologis, epistemologis, dan aksiologis dirinya, sebab desain tersebut harus sejalan dengan visi dan misi organisasi, agar kemudian tidak setiap "orang" memiliki pemahaman yang salah atas keberadaan "posisi", "fungsi" dan "tanggungjawab" nya dalam organisasi tersebut. [ bersambung ]

www.softeknoedu.com

#desainorganisasi
#belajarterus
#berlatihtanpahenti
#pendampingsekolah

0 comments:

Posting Komentar