Kamis, 03 Oktober 2019

MELATIH JIWA KEWIRAUSAHAAN, ''SISWA SMA TERBUKA (SMAN 5 DEPOK) TKB CINANGKA IKUTI FOCUS GROUP DISCUSSION (FGD) DI SMAN 10 DEPOK''

Kamis, 3 Oktober 2019 siswa SMA Terbuka (SMAN 5 DEPOK) TKB Cinangka mengikuti kegiatan diskusi kewirausahaan yang di adakan oleh sekolah SMAN 10 Depok. Kegiatan ini bertema 'menentukan tema kewirausahaan melalui pengembangan desaign thingking' maksudnya, setiap siswa harus mengembangkan ide-ide kreatifnya dan di optimalkan dengan praktek langsung.

Dalam diskusi ini, dari keseluruhan siswa yang mengikuti diskusi ini dibagi menjadi 9 kelompok dengan kelas yang sama. seperti kelas 10 dengan 10, 11 dengan 11, dan 12 dengan 12. Setiap kelompok harus menyiapkan 1 ide produk usaha yang akan dibuat sekreatif mungkin dengan bahan dasar 'SINGKONG' selain itu juga harus mencatat bahan, desaign kemasan, serta logo dari produk tersebut. Hasil diskusi pun sangat beragam seperti kuliner, beauty and healing, dan minuman.

Setelah sepakat dengan ide nya, setiap kelompok di perkenankan untuk mempresentasikan hasil diskusinya di depan. Dan menjelaskan secara detail mengenai produk yang ingin di buat itu. Setelah semua selesai presentasi, maka pihak sekolah akan memilih ide mana yang akan di ambil untuk praktek kewirausahaan ini. Dan setelah diskusi dan semua sepakat, maka diambilah 3 ide yang paling kreatif. 

Dalam kegiatan ini, setiap siswa dapat mengeluarkan pendapat dan ide-ide kreatif mereka tanpa takut tidak di terima oleh yang lain. Diskusi ini terbuka untuk ide-ide yang memang bisa di jadikan produk usaha yang berkembang.

"Tidak perlu takut untuk memulai suatu hal, karna kesuksesan selalu dimulai dari bawah."


written by: Siti Aisyah (divisi humas osis SMA Terbuka (SMAN 5 DEPOK) TKB Cinangka)

0 comments:

Posting Komentar