Selasa, 25 November 2014

Bank Sampah sekolah gratis SMA Terbuka Depok









          Selasa 25 November 2014 , Sebagai salah satu wujud memelihara lingkungan sekolah gratis mengadakan program Bank Sampah untuk menanggulangi masalah sampah dan mendidik para siswa agar terbiasa mengolah sampah . Andi Murpi dan Riki Andika siswa kelas XII IPS 4 sebagai koordinator Bank Sampah mengatakan sampah yang dikelola dengan baik akan banyak manfaatnya baik untuk lingkungan maupun dari segi ekonomi dan .

          Bank sampah adalah suatu tempat yang digunakan untuk mengumpulkan sampah yang sudah dipilah-pilah. Hasil dari pengumpulan sampah yang sudah dipilah akan disetorkan ke tempat pembuatan kerajinan dari sampah atau ke tempat pengepul sampah Bank sampah dikelola menggunakan sistem seperti perbankkan yang dilakukan oleh koordinator . Penyetor adalah siswa SMA Terbuka Depok.
         Bank sampah berdiri karena adanya keprihatinan sekolah akan lingkungan hidup yang semakin lama semakin dipenuhi dengan sampah baik organik maupun anorganik. Sampah yang semakin banyak tentu akan menimbulkan banyak masalah, sehingga memerlukan pengolahan seperti membuat sampah menjadi bahan yang berguna. Pengelolaan sampah dengan sistem bank sampah ini diharapkan mampu membantu pemerintah dalam menangani sampah dan meningkatkan ekonomi orang tua siswa.
       Tujuan utama pendirian bank sampah adalah untuk membantu menangani pengolahan sampah di sekitar lingkunga sekolah. Tujuan bank sampah selanjutnya adalah untuk menyadarkan masyarakat akan lingkungan yang sehat, rapi, dan bersih. Bank sampah juga didirikan untuk mengubah sampah menjadi sesuatu yang lebih berguna dalam masyarakat, misalnya untuk kerajinan dan pupuk yang memiliki nilai ekonomis.
      

0 comments:

Posting Komentar