Jumat, 03 Juli 2015

SMA Terbuka, Sekolah Fleksibel Ijazah Formal

batampos.co.id – Batam kini memiliki Sekolah Menengah Atas (SMA) Terbuka dengan nama STIPAK Batam. Sekolah ini membuka kesempatan bagi siswa khususnya yang berusia 16-21 tahun untuk tetap bersekolah sesuai kebutuhan.
 
 Waktu belajar fleksibel, dengan pilihan jurusan IPA atau IPS. SMA ini akan menerima pendaftaran siswa baru untuk tahun Ajaran Baru 2015/2016.
 
 ”Kami berkontribusi positif bagi pendidikan di daerah ini karena merupakan rintisan SMA Terbuka pertama di Kepri,” ujar Kepala SMA Terbuka STIPAK Batam, Selamat Yang.
 
 Sekolah ini sekaligus jadi rintisan SMA Terbuka yang ke-8 di Indonesia setelah Kementerian Pendidikan secara resmi meluncurkan rintisan SMA Terbuka.
 
 SMA Terbuka STIPAK telah resmi terdaftar di Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen) dengan Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) 69883589, siswa yang terdaftar di sekolah ini secara otomatis akan mendapatkan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN).
 
 Cecilia menjelaskan, SMA Terbuka STIPAK merupakan bentuk pendidikan formal sehingga ijazah yang akan diterbitkan bukan ijazah pendidikan kesetaraan atau kejar paket C, melainkan ijazah formal.
 
 Dengan konsep SMA Terbuka ini, terdapat beberapa pilihan diantaranya siswa dapat belajar mandiri layaknya di Universitas Terbuka.


Ini juga jadi solusi bagi siswa usia sekolah yang tak bisa mengikuti sekolah pada umumnya, bisa karena bekerja atau hambatan geografis, sosial, ekonomi dan keterbatasan waktu.
Termasuk juga, solusi bagi anak yang kesulitan mengikuti pelajaran di sekolah umum atau trauma masa lalu namun ingin meraih kelulusan dengan ijazah formal reguler.


”Tidak ada lagi kendala biaya, waktu dan tempat,” ungkap Selamat di kantornya yang berlokasi di Kompleks Nusantara Golden B3B, Jalan Raya Engku Putri, Batamcenter.
Iuran SPP Rp 200 ribu per bulan,  dan buku pelajaran akan diberikan secara gratis. Peserta didik akan diberikan kode akses masing-masing dalam mengembangkan pembelajaran untuk tolak ukur diri sendiri. (rna/bpos)

 http://batampos.co.id/12-05-2015/sma-terbuka-sekolah-fleksibel-ijazah-formal/

0 comments:

Posting Komentar