Jumat, 05 Juni 2015

Sejarah SMA Terbuka Depok


        01 Juni 2015  Berangkat pada sebuah keprihatinan atas banyaknya lulusan SMP yang tidak meneruskan sekolah ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi yakni jenjang SMA/SMK sederajat, hal ini mengusik keprihatinan beberapa orang relawan pendidikan Kota Depok yang selama ini konsen dibidang pendidikan gratis. Mereka adalah Nurohim, Suryamin, S.Pd dan Hendri , mereka selama ini mengelola SMP Terbuka yang memang merupakan Program Nasional dalam rangka menuntaskan WAJAR ( Wajib Belajar ) 9 tahun.

          Pada tahun 2007 mereka memprakarsai berdirinya SMA Terbuka Depok. Pada awalnya mereka bermaksud mendirikan SMK Terbuka, namun karena inprastruktur dalam hal ini Sekolah Induk SMK Negeri di Kota Depok yang masih terbatas maka Dinas Pendidikan Kota Depok pada itu hanya mengizinkan adanya SMA Terbuka dengan induk semula yang ditunjuk SMAN 1 Depok, akan tetapi karena masalah teknis Sekolah Induk SMA Terbuka dipindahkan ke SMAN 5 Depok.

          Pada hari Jumat tanggal 31 Agustus 2007 bertempat di SMAN 5 Depok, SMA Terbuka Depok diresmikan, acara peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Walikota Depok Bapak H Yuyun Wirasaputra dan anggota DPRD Kota Depok Komisi D Bapak Imam Budi Hartono serta Kepala Dinas Pendidikan Kota Depok, Kepala SMAN 5 penggagas dan pengelola SMA Terbuka Depok

           Pada awal pendiriannya SMA Terbuka Depok memiliki 115 siswa yang tersebar di 2 TKBM ( Tempat Kegiatan Belajar Masyarakat ) yaitu TKBM Generasi Harapan yang berlokasi di Bedahan Sawangan dan TKBM Sekolah Master yang berlokasi di Kecamatan Pancoran Mas .

Sumber : Profil SMA Terbuka Depok

0 comments:

Posting Komentar